Penyebab dan Cara Mencegah Sariawan di Gusi

Sariawan bisa muncul di di area rongga mulut mana saja termasuk gusi. Sariawan di gusi biasanya memiliki ciri-ciri muncul luka dengan bentuk bulat atau oval berwarna putih maupun kuning dan di tepiannya kemerahan. Dengan adanya luka ini akan cukup mengganggu apalagi jika sedang makan. Maka dari itu Anda harus tahu bagaimana cara mencegahnya.

Penyebab Sariawan Pada Gusi

Sariawan Wan merupakan luka kecil yang ada di bagian mulut biasanya berwarna putih. Dengan kondisi seperti itu bisa menimbulkan rasa nyeri yang dapat membuat anda sulit berbicara atau makan. Macam-macam penyebab sariawan antara lain.

Iritasi

Iritasi dapat terjadi ketika anda mengonsumsi makanan tertentu misalnya telur coklat keju kacang-kacangan makanan asin makanan asam dan pedas. Bisa juga karena anda sensitif terhadap produk pembersih mulut dan gigi.

Luka

Rongga mulut dan gusi adalah area yang paling sensitif dan lembut jadi rentan mengalami luka. Biasanya juga terjadi karena tergigit benturan di mulut saat olahraga atau au efek dari penggunaan gigi palsu dan behel.

Kurangnya Nutrisi

Kekurangan nutrisi yang dimaksud disini adalah asam folat zat besi zinc dan B12. Oleh karena itu nutrisi Anda harus cukup.

Infeksi Bakteri

Salah satu jenis bakteri yang bisa membuat munculnya sariawan pada gusi adalah Helicobacter Pylori.

Penyakit Tertentu

Apabila sariawan yang muncul ukurannya besar juga tidak sembuh-sembuh bisa jadi karena ada penyakit tertentu. Contohnya lupus, penyakit Behcet, penyakit Crohn, penyakit cellac juga penyakit yang ada dengan menyerang sistem kekebalan tubuh.

Cara Mencegah Sariawan

Sebelum terlanjur mengalami sariawan, Anda harus lakukan tahap-tahap pencegahannya. Berikut ini informasi mengenai cara-caranya.

Penuhi Asupan Nutrisi Tubuh

Asupan nutrisi untuk tubuh Anda harus terpenuhi caranya dengan mengonsumsi makanan yang sehat juga bergizi. Makanan-makanan yang bagus adalah buah-bahan, sayuran, dan biji-bijian.

Jaga Kesehatan Mulut dan Gusi

Coba bicara cara untuk membuat kesehatan mulut dan gusi terjaga adalah menyikat gigi dengan teratur dan benar. Lebih baik ketika sesudah makan dan sebelum tidur. Tambah dengan cara lainnya misalkan memakai benang gigi sehari sekali untuk membersihkan kan bisa dari makanan yang masih ada di sela-sela gigi.

Jangan Sikat Gigi dengan Keras

Cara menyikat gigi yang baik adalah tidak terburu-buru juga tidak terlalu keras. Jenis sikat gigi yang bagus adalah memiliki bulu halus yang dapat mencegah timbulnya iritasi di area mulut.

Perhatikan Konsumsi Makanan

Beberapa jenis makanan perlu Anda batasi supaya tidak memicu iritasi pada gusi juga rongga mulut. Makanan-makanan yang harus anda kurangi misalnya buah-buahan yang asam, makanan yang terlalu pedas dan asin, keripik kentang, juga kacang-kacangan.

Penyebab dan Cara Mencegah Sariawan di Gusi | Khisma | 4.5