Cara Backup dan Restore Semua Data Aplikasi di Semua Hp Xiaomi

IKLAN 1

Cara Backup dan Restore Semua Data Aplikasi di Semua Hp XiaomiSelain menyimpan data, hal berkala yang biasanya dilakukan oleh para pengguna ponsel dalam hal ini ponsel xiaomi ialah melakukan backup data-data penting yang tersimpan di ponsel. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan semisal kehilangan data karena penghapusan yang tidak disengaja atau kehilangan data karena mengupdate versi MIUI ke versi terbaru. Nah apabila kalian sering mengalami masalah kehilangan data karena tidak sengaja menghapus data atau kebiasaan mengupdate versi MIUI, maka cara backup dan restor data atau aplikasi ponsel xiaomi pada artikel ini bisa kalian ikuti untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun sebelumnya bagi kalian yang misalnya belum mengerti mengenai apa yang dimaksud dengan backup ataupun restor, mungkin tidak ada salahnya bagi kalian untuk terlebih dahulu memahami arti dari kedua istilah ini. Agar nantinya ketika mengikuti panduan cara backup dan restor pada artikel ini, kalian tidak bingung dan telah mengerti dengan apa yang kalian lakukan.

IKLAN 4

Istilah backup data bisa diartikan sebagai sebuah langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi terhapusnya data atau aplikasi dengan sebab ketidaksengajaan atau sebab-sebab lainnya. Pada prakteknya, membackup data bisa disamakan dengan istilah mengcopy atau menyalin data dan menyimpannya pada ponsel itu sendiri. setelah dibackup, data atau aplikasi yang telah dibackup tersebut bisa dipindahkan ke perangkat lainnya, semisal perangkat ponsel lain ataupun laptop. Pada ponsel merek lain, membackup data bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang saat ini sudah banyak tersedia di google play, sedangkan untuk ponsel xiaomi, selain bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, membackup data juga bisa dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan MIUI.

Restore data merupakan kebalikan dari backup data. Restore data ini, biasanya dilakukan setelah mereset atau mengupdate OS pada ponsel. Untuk ponsel merek xiaomi, proses restore inipun bisa dilakukan melalui fitur bawaan MIUI. Setelah kalian mengerti mengenai istilah backup dan restore, selanjutnya mari kita masuk ke panduan cara backup dan restore semua data atau aplikasi pada semua ponsel xiaomi. Berikut ini langkah-langkahnya.

IKLAN 2

Cara Backup Data atau Aplikasi Ponsel Xiaomi

  1. Buka menu setting atau pengaturan pada ponsel xiaomi kalian.
  2. Lalu pada menu pengaturan yang terbuka, pilih menu additional setting.
  3. Setelah itu pilih backup & reset dilanjutkan dengan memilih menu local backups.
  4. Kemudian pada menu local backups, lanjutkan dengan memiilih menu backup, maka akan tampil 3 pilihan yang mewakili kategori backup yang akan kalian lakukan.
  5. Terlihat ada 3 pilihan yang tersedia yaitu pilihan untuk membackup file-file system, apps dan accounts dan kontak. Jika kalian tidak merubah apapun pada ketiga kategori backup ini, maka ponsel akan membackup semua kategori yang ada, namun apabila kalian hanya ingin membackup salah satu kategori misalnya apps, kalian bisa menghilangkan opsi backup semua dengan menghilangkan tanda centang dibagian “select all” setelah mengklik tanda panah yang ada disebelah kanan masing-masing kategori.
  6. Nah setelah menetukan data atau aplikasi mana saja yang akan dibackup, kalian bisa mengakhiri dengan mengklik tombol OK kemudian Backup. Maka proses backup pun akan dimulai. Biasanya lamanya proses backup ini akan tergantung dari jumlah atau besaran ukuran data yang diproses. Jadi tunggu saja sampai selesai
  7. Apabila proses backup telah selesai, maka file backup tadi akan terimpan pada memori internal ponsel xiaomi kalian. Tepatnya berada di folder MIUI – backup – allbackup.
  8. Agar lebih aman, kalian bisa memindahkan file backup ini ke perangkat lain terlebih dahulu.

Oke, sampai disini kalian sudah berhasil melakukan backup data-data atau aplikasi penting pada ponsel xiaomi kalian. Selanjutnya kita akan melihat bagaimana cara untuk melakukan restore data yang telah dibackup tadi.

Cara Restore Data atau Aplikasi Ponsel Xiaomi

  1. Lakukan langkah yang sama seperti langkah nomor satu pada bagian cara backup data diatas.
  2. Selanjutnya pilih local backup dan tentukan file backup mana akan direstore, lalu akhiri dengan mengklik tombol restore.
  3. Proses restore pun akan berjalan otomatis. Proses inipun akan memakan waktu sesuai dengan besaran data yang diproses. Tunggu saja sampai selesai.
  4. Terakhir setelah proses restore selesai, maka kalian akan menemukan data atau aplikasi kalian sudah berada pada lokasi yang sama sebelum dibackup.

Baca Lainnya :

Mudah saja bukan?Demikian artikel mengenai cara membackup dan merestore data atau aplikasi pada semua tipe ponsel xiaomi. Semoga bermanfaat dan membantu kalian dalam proses backup dan restore data.

IKLAN 3
Cara Backup dan Restore Semua Data Aplikasi di Semua Hp Xiaomi | Chandra Lesmana | 4.5